24 February 2014

Mengenal Manfaat Vitamin E Pada Tubuh Manusia

Mengenal Manfaat Vitamin E Pada Tubuh Manusia - Vitamin E dikenal juga dengan nama Tokoferol(tocopherol), berfungsi untuk:
  1. Meningkatkan Daya tahan tubuh, 
  2. Membantu mengatasi stress,
  3. Meningkat keseburan,
  4. Meminimalkan resiko kanker,
  5. Meminimalkan resiko penyakit jantung koroner.
  6. Berperan penting terhadap kesehatan kulit, yaitu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
  7. Sebagai Antioksidan yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.
  8. Melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan.
  9. Dapat melindung dari akibat kelebihan vitamin A dan melindungi vitamin A dari kerusakan.
Vitamin ini pertama ditemukan pada tahun 1922 oleh Dr. H. M Evans dari California melalui penelitian untuk mempertahankan kehamilan normal tikus betina diperlukan suatu substansi tak dikenal. Tanpa bahan ini, janin tikus akan mati dalam sepuluh hari saat dikandung, Tikus jantan yang kekurangan bahan ini juga mengalami kelainan pada testisnya. Sehingga saat itu vitamin E disebut sebagai vitamin anti kemandulan. Pada Wanita dianjurkan sebagai perawatan untuk kemandulan, kelainan menstruasi, peradangan vagina, gejala menopause, mencegah keguguran dan kesuburan benih.

Vitamin ini pertama kali diisolasi pada tahun 1936 dari minyak tepung gandum. Disebut vitamin E karena ditemukan setelah vitamin-vitamin yang sudah ada yaitu A, B, C, dan D. Bentuk Vitamin ini merupakan kombinasi dari delapan molekul yang sangat rumit yang disebut 'tocopherol' kata itu berasal dari Yunani: Toketos yang berarti 'kelahiran anak' dan Phero berarti 'saya bawa', akhiran '-ol' ditambahkan untuk menunjukkan bahwa bahan ini merupakan salah satu dari alkohol yang menyebabkan mabuk jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Tocopherol tidak larut dalam air tetapi larut dalam perlarut lemak seperti minyak, lemak, alkohol, aseton, eter dan sebagainya. Karena tidak larut dalam air, vitamin E dalam tubuh hanya dapat dicerna dengan bantuan empedu hati, sebagai pengemulsi minyak saat melalui duodenum. Vitamin E stabil pada pemanasan namun akan rusak bila pemanasan terlalu tinggi. Vitamin E bersifat basa jika tidak ada oksigen dan tidak terpengaruh oleh asam pada suhu 100 C. Bila terkena oksigen di udara, akan teroksidasi secara perlahan-lahan. Sedangkan bila terkena cahaya warnanya akan menjadi gelap secara bertahap.

Kekurangan Vitamin E dapat mengakibatkan beberapa dampak yang kurang baik, dan akan dijelaskan dibawah ini:
  1. Menjadikan sel darah merah terbelah, proses ini disebut dengna hemolisis eritrodit.
  2. Perubahan degeneratif pada sistem saraf dan otot
  3. Kelemahan dan kesulitan berjalan
  4. Nyeri pada otot betis
  5. Gangguan penglihatan
  6. Anemia
  7. Retensi cairan (odem)
  8. Kelainan Kulit
  9. Penyerapan Lemak (Pada bayi prematur dan kurang gizi)
Kelebihan Vitamin E, Meskipun vitamin E dianggap sebagai bahan yang cukup aman. Namun pada beberapa kasus, kelebihan Vitamin E dapat menimbulkan gangguan pada kinerja sistem imun terhadap infeksi. Gejala yang akan dirasakan adalah sebagai berikut:
  1. Sakit Kepala
  2. Lemah dan Selalu lelah
  3. Pusing disertai Gangguan Penglihatan
Untuk itu Vitamin E dalam tubuh harus berada dalam batasan yang sangat ketat, supaya dapat dihasilkan efek yang baik pada tubuh.

Terimakasih telah membaca "Mengenal Manfaat Vitamin E Pada Tubuh Manusia" - Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial