24 February 2014

Mengenal Manfaat Vitamin D Pada Tubuh Manusia

Mengenal Manfaat Vitamin D Pada Tubuh Manusia -Vitamin D dikenal juga dengan nama kalsiferol yang memiliki fungsi populer yaitu untuk pembentukan tulang dan pertumbuhan anak. Vitamin ini lebih banyak terkandung dalam bentuk hewani dibandingkan dengan bentuk tanaman, dan menurut keterangan orang-orang terdahulu vitamin D itu terkandung pada sinar ultra violet (matahari) sekitaran pukul 07.00 s/d 09.00, makanya baik sekali jika bayi atau anak-anak dalam masa pertumbuhan berjemur pada jam-jam tersebut karena dapat memperkuat pertumbuhan tulangnya, tapi hal seperti tersebut tentu saja bukan bayi saja yang di anjurkan untuk menjemur sekitaran 07.00 s/d 09.00 orang tua juga baik supaya terhindar atau memperlambat terjadinya osteoporosis.


Sayuran dan Buah-buahan tidak mengandung vitamin D, karena sumber vitamin yang paling alami adalah dari hewani seperti pada susu, menurut keterangan hanya terdapat satu sayuran yang mengandung vitamin D yaitu Jamur, di Negara lain jamur sudah menjadi makanan kalengan. Penelitian menemukan bahwa vitamin D yang terkandung pada jamur hasil paparan sinar matahari memiliki kadar vitamin D sampai 400 UI. Jenis-jenis jamur yang dapat di konsumsi adalah jamur shitake, jamur putih, jamur itali, jamur coklat, jamur enoki, jamur morel, jamur oyster, dan jamur portabella.

Vitamin D yang terkandung pada hewani cukup banyak, seperti : daging sapi, dada ayam, ikan teri, ikan cod, ikan herring, ikan sarden, ikan salmon, makarel, dan kambing. Bagi kita yang tidak kesulitan mendapatkan ikan salmon, bisa memasaknya dengan porsi 3,5 ons akan memberikan setidaknya 90% kebutuhan vitamin D tubuh akan terpenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D kita, dapat juga dengan mengkonsumsi telur, karena 1 butir telur dapat memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh sebanyak 10%.

Molekul aktif dari vitamin D yaitu kalsitriol merupakan pemeran utama dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam tulang, fungsi otot, sekaligus sebagai immunomodulator yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan untuk melawan beberapa penyakit, termasuk diabetes dan kanker. Kekurangan terhadap Vitamin D dapat mengakibatkan penyakit seperti osteoporosis, osteomalasia,diare, dehidrasi, osteopenia, diabetes, hipertensi, jantung, kanker payudara, kanker endometrium.

Pada Tubuh Manusia, vitamin D diserap di usus dengan bantuan senyawa garam empedu, setelah diserap, vitamin ini kemudian akan disimpan di jaringan lemak (adiposa) dalam bentuk yang tidak aktif. Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi tubuh. Pada saat terkena cahaya matahari, senyawa prekursor 7-dehidrokolesterol akan diubah menjadi senyawa kolekalsiferol. Induksi ini terutama disebabkan oleh ultraviolet B (UVB). Pada tahap selanjutnya, senyawa kolekalsiferol ini akan diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin D di dalam Tubuh, Kalsitrol sendiri di produksi di ginjal yang kemudian akan diedarkan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan, terutama di organ tulang dan gigi.

Terima kasih telah membaca artikel dengan judul "Mengenal Manfaat Vitamin D Pada Tubuh Manusia". Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial