Kebijakan untuk mengembangkan sistem informasi dilakkan oleh manajemen puncak karena manajemen menginginkan untuk meraih kesempatan-kesempatan yang ada yang tidak dapat diraih oleh sistem yang lama atau sistem yang lama mempunyai banyak kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki (misalnya untuk meningkatkan efektivitas manajemen, meningkatkan produktivitas, atau meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada langganan). Sebagai contoh, beberapa tahun yang lalu, manajemen puncak dari McKenson menetapkan kebijakan untuk menerapkan suatu perencanaan sistem untuk mengembangkan sistem informasi yang terpadu. Sistem informasi ini dimaksudkan untuk menyediakan manajemen dengan informasi yang cukup, meningkatkan produktivitas dari karyawan-karyawannya dan menyediakan pelayanan yang lebih baik kepada langganan-langganannya. Sekarang McKenson merupakan salah satu distributor obat terbear di dunia. Manajemen, para karyawan dan langganan merasa salut terhadap keberhasilan sistem informasi di McKenson. Kebijakan sistem ini menyangkut juga memberikan fasilitas kepada sejumlah apotek dengan alat peraga yang dapat dipegang dengan tangan (hand-held scanning devices). Alat peraba ini dapat secara mudah dioperasikan untuk meraba (scan) item persediaan yang ingin dipesan oleh apotik dari McKenson. Data pesanan ini kemudian ditransmisikan ke salah satu pusat distribusi McKenson yang akan menerima order ini dan selanjutnya sistem informasi di McKenson akan menanganinya dengan segera. Bagian yang menerima order segera mengepak barang-barang yang dipesan dan surat-surat lainnya yang dibutuhkan, seperti misalnya surat pengangkutan barang, perintah pengiriman dan faktur akan dibuat secara otomatis oleh sistem. Dalam waktu 24 jam atau kurang, apotik pemesan telah menerima barang yang dipesannya. Pesaing terbaik lainnya hanya mampu melakukannya paling cepat 3 sampai dengan 4 hari.
0 komentar:
Post a Comment
Untuk Posting Komentar