12 August 2014

Mengenal Penyakit Kelenjar Getah Bening

Kelenjar Getah Bening
Mengenal Penyakit Kelenjar Getah Bening - Penyakit yang satu ini tidak dapat kita anggap remeh teman, karena jika sudah kronis bisa-bisa menghambat semua aktifitas kita, jadi saya harap kita peduli dan mengenal apa itu penyakit kelenjar getah bening? karena penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja, tua, muda, bahkan anak-anak.

Oke langsung saja, secara definisi penyakit kelenjar getah bening adalah penyakit yang menyerang pada sistem kekebalan tubuh manusia karena fungsi dari getah bening sendiri adalah untuk membantu tubuh kita dalam memerangi atau melawan kuman, virus, bakteri, dan zat-zat yang merusak lainnya pada tubuh kita.

Jika kelenjar getah bening sudah tidak mampu untuk melawan semua zat yang merusak pada tubuh kita dikarenakan zat-zat yang merusak lebih banyak dan lebih aktif berkembang-biak pada tubuh, maka akan timbulah penyakit kelenjar getah bening yang biasanya ditandai dengan pembengkakan yang umum terjadi seperti pada leher, ketiak, bawah dagu, pangkal paha, dan lain-lain.



Gejala Pada Penderita Penyakit Kelenjar getah bening dapat bermacam, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Terdapat benjolan yang kenyal pada tubuh.
2. Tidak ada rasa sakit sedikitpun.
3. Tidak terdapat ciri-ciri radang.
4. Berat badan turun drastis dalam 6bulan (lebih dari 10%).
5. Sering keluar keringat pada waktu malam.
6. Demam berkepanjangan tanpa sebab (lebih dari 38°C).
7. Nafsu makan berkurang.
8. Batuk dan Sesak nafas.
9. Gatal-gatal.
10. Merasa lelah terus menerus.
Note: Gejala-gejala diatas diurutkan dari yang paling dominan, karena tidak semua gejala itu ada pada penderita, mungkin penderita cuma memiliki 1, 2, 3 gejala saja.

Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening yang bengkak Untuk mengobati pembengkakan yang disebabkan oleh kelenjar getah bening, terdapat beberapa cara yang biasanya tergantung dari sebab utamanya terjadi penyakit tersebut:
1). Pemberian Obat Antibiotik
Pengobatan dengan antibiotik biasa dilakukan terhadap kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan dikarenakan bakteri.

2). Mengikuti Penyakit yang mendasarinya
Teknik yang kedua ini biasa dilakukan bila kelenjar getah bening bengkak diakibatkan oleh virus. Contohnya karena virus HIV maka yang diobati adalah virus HIV nya itu.

3). Pengobatan kemoterafi
Metode pengobatan ini sangat populer di dunia medis karena merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk berbagai macam penyakit kanker termasuk yang namanya kanker kelenjar getah bening. Didalam prosesnya kemoterafi menggunakan obat-obatan yang bertujuan untuk mengurangi dan menghambat perkembangan kanker.

4). Pengobatan Radioterafi
Pengobatan radioterafi atau disebut juga dengan radiasi adalah metode yang cukup populer dikalangan medis selain pengobatan kemoterafi. Dalam prosesnya teknik ini menggunakan sinar radiasi tertentu pada tubuh yang kena kanker, namun kelemahannya tidak boleh dilakukan jila sel kanker sudah menyebar banyak pada tubuh.

5). Pengobatan Alami atau Tradisional dengan Herbal
Metode pengobatan ini merupakan alternatif dari yang disebutkan diatas karena menggunakan obat-obatan tradisional, dalam metode ini yang harus memiliki kesabaran yang baik karena memerlukan proses yang tidak sebentar, dan juga harus dibimbing oleh ahlinya karena ada aturan-aturan atau racikan yang tentunya harus disesuaikan dengan penyakit, usia, dan faktor lainnya.

Beberapa hal yang penting juga untuk diperhatikan dalam penyakit ini adalah menjauhi dari setiap makanan yang dapat menimbulkan atau memperparahnya, diantaranya adalah:
1. Makanan Berpengawet
Makanan yang ditambahkan bahan pengawet mengandung senyawa kimia yang dapat berubah menjadi karsinogen aktif, sehingga tidak baik untuk penderita kelenjar getah bening. Contohnya seperti: softdrink, mie instant, makanan kaleng, dll.

2. Daging Unggas
Proses pertumbuhan daging unggas yang dibantu dengan obat-obatan kimia dengan tujuan mempercepat peningkatan bobot dan lebih cepat panen, dipercayai obat-obatan tersebut dapat memicu pertumbuhan kanker pada manusia.

3. Minuman Beralkohol
Meminum minumam beralkohol dapat membuat tubuh rentan terhadap serangan virus, sehingga memicu cepatnya perkembangan berbagai macam penyakit di dalam tubuh.

5. Makanan Berlemak
Para pengidap penyakit kelenjar getah bening disarankan menghindari makanan berlemak karena dapat memicu perkembangan penyakitnya. seperti: sea food

Hal terakhir yang paling krusial untuk penyembuhannya adalah:
1. Yakin akan sembuh
Biasanya memang kalo sudah divonis dengan penyakit yang suka dibilang "Penyakit Mematikan" membuat penderitanya menjadi mengeluh, dan munculah bermacam pertanyaan dibenaknya. Sebenarnya Justru dengan berkeluh kesah, secara tidak sadar dapat memperburuk penyakit kita, oleh sebab itulah jika sudah menderita penyakit ini hal pertama yang harus ditanamkan dalam hati adalah keyakinan akan sembuh dari penyakitnya sendiri.

2. Menjalankan pola hidup sehat
Merubah pola hidup yang sehat seperti rutin berolah raga, menjaga diri dari makanan yang dapat memicu perkembangan penyakit dan selalu periksa kesehatan, secara tidak langsung dapat menghindari perkembangan penyakit kelenjar getah bening ini.

3. Memakan Makanan Yang Kaya Serat
Serat merupakan salah satu faktor yang penting untuk metabolisme tubuh, dengan memberikan asupan serat yang alami yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan dipercaya dapat, menjauhkan diri kita dari penyakit.

Terima Kasih telah membaca artikel dengan judul Mengenal Penyakit Kelenjar Getah Bening, jika terdapat kesalahan atau ada pertanyaan silahkan mengisi kotak komentar yang telah disediakan.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial