23 November 2013

Khasiat dan Manfaat Air

Orang mengatakan bahwa Nabi saw bersabda, “Minuman terbaik, di dunia dan di akhirat, adalah air.”
Air itu bersifat basah dan dingin. Ia menghilangkan panas dan mempertahankan kelembaban alami tubuh. Ia menyatu dengan makanan dan mempermudah jalan masuknya ke pembuluh darah. Makananbaru sempurna jika berpadu dengan-nya.

Air yang paling baik adalah air yang mengalir ke arah timur, dan terbuka terhadap udara. Yang terbaik yang kedua adalah yang mengalir ke utara. Air yang mengalir di atas tanah adalah lebih baik daripada yang mengalir di atas bebatuan. Air yang mengalir adalah air yang paling baik dari  semua jenis air. Kualitas air diketahui melalui kejernihannya, tidak adanya bau atau rasa, melalui kebeningannya, melalui jaraknya dari sumbernya, dan melalui kedalamannya. Air sungai Nil mempunyai sebagian besar kualitas-kualitas ini.

Ibn Siba mengatakan, “Air sungai Nil sangat terkenal karana empat alasan:
  1. Jaraknya yang sangat jauh dari sumbernya
  2. Keutamaan sungainya
  3. Fakta bahwa ia mengalir ke utara
  4. Volumenya yang besar.
Pada zaman dahulu air sungai Nil ini adalah air yang paling baik. Air  sungai Euphrates mirip dengannya.
Nabi saw bersabda, “Sungai-sungai yang dikenal sebagai sunngai Saihan (Sur Darya), sungai Jaihan (Amu Darya), sungai Nil, dan Sungai Euphrat, adalah termasuk sungai-sungai surga.” Hippocrates, guru Galen dan guru seluruh sains, mengatakan, “Hindarkanlah minum air ketika kenyang atau, kalau tidak, ketika lapar, kecuali sangat diperlukan.”
Air yang dibiarkan semalam adalah utama, sebab ia terbebas dari partikel-partikel lumpur dan sebagainya. Setiap kali Nabi saw. Ditawari air untuk diminum, beliau selalu memilih air yang telah dibiarkan untuk jangka waktu tertentu. Jabir mengatakan, “Pada suatu ketika Nabi saw. Haus, dan beliau bersada, ‘Apabila Anda mempunyai air yang telah dibiarkan dalam kantung air atau tempat air yang terbuat dari tanah liat, saya akan meminumnya, tetapi apabila tidak, maka saya akan minum air segar.’” Al-Bukhori telah meriwayatkan hadis ini.

Nabi saw, bersabda, “Tutuplah wadah-wadahmu dan rapatkan tali kantung-kantung airmu, sebab dalam setiap tahun ada suatu malam yang di dalamnya penyakit sampar turun dari langit, dan apabila ia turun pada wadah-wadah yang tidak ditutup atau pada kantung air yang talinya tidak dirapatkan, maka sebagian dari penyakit sampar itu akan jatuh ke dalam-nya.” Hadis ini telah diriwayatkan oleh Muslim. Al-Laitsi al-‘Ajami mengatakan, “Di kalangan kita, ada orang-orang yang menjaga malam itu, khususnya di sepanjang bulan Desember.” Muslim telah melaporkan hadis ini juga.
Sungguh, Anda mesti menghindari air yang sangat dingin, sebab ia berbahaya dan mengakibatkan keparauan serta batuk. Pemakain terus menerus air yang sangat dingin menjerumus kepada pendarahan, dahak, dan rasa sakit di dada. Tetapi, di sisi lain, ia  baik untuk menangkal uap yang naik ke kepala, dan ia menghilangkan panas yang sangat tinggi akibat demam. Insya Allah, pokok bahasan ini akan didiskusikan secara lebih rinci dalam bab yang berjudul “Mengobati Demam dengan Air Dingin”.
Air yang sangat panas menurunkan dorongan seksual, mengendurkan perut, dan memperlambat dan mengganggu pencernaan. Sementara itu, air yang sangat panas juga baik untuk orang-orang lanjut usia dan orang-orang yang terserang epilepsi dan sakit kepala.
Ibnu Abbas mengatakan, “Siapa saja yang mencucci dengan air yang sudah terkena sinar matahari, dan selanjutnya bercak lepranya kambuh, maka dirinya patut disalahkan. “Orang-orang yang mempunyai pengetahuan tentang hadis-hadis Nabi saw. Menyatakan bahwa hadis ini lemah.
Air hujan adalah air yang paling baik, dan yang paling halus. Air jenis ini baik untuk banyak penyakit, sebab ia ringan dan mengandung berkah. Allah sendiri berfirman:
Dan Kami turunkan dari langit air yang banyak manfaatnya. (QS 50:9).
Air yang mengalir di bawah tanah, atau melalui rumput-rumput, adalah jelek bagi Anda. Air sumur adalah agak halus. Air yang menggenang diam adalah air jenis yang buruk.
Air yang terbaik adalah air Zam-zam. Menurut Nabi saw., air Zamzam adalah air minum. Ia mempunyai rasa yang paling baik dan bisa mengobati penyakit. Al-Bukhori dan Muslim telah meriwayatkan hadis ini.

Akhirnya, air sumur atau air pompa - karena tidak terbuka pada matahari dan udara adalah berat dan tidak enak, sebab berada di tempat yang sempit dan terkurung. Meskipun demikian, jenis air yang paling buruk dan iar yang mengalir melalui timah hitam, atau melalui es, karena sifat dingin kedua jenis air itu mengandung panasnya asap.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial