13 May 2013

Khasiat dan Manfaat Buah Tomat


Buah tomat yang nama latinnya Solanum Lycopersicum atau Solanum esculentum adalah salah satu tanaman yang hampir dapat ditemui di setiap kota, maupun negara di dunia. Buah Tomat diyakini berasal dari sekitar Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
Suatu penelitian membuktikan bahwa satu buah tomat mengandung sekitar 22 kalori, 0 gram lemak, 5gr karbohidrat, 1gr serat makanan, 1gr protein, dan 6mg natrium. Hal ini juga menyediakan 40% dari tunjangan harian yang direkomendasikan vitamin C, vitamin A, zat besi dan kalsium. Manfaat Tomat sangat baik untuk tubuhh kita karena kandungan buah tomat bisa memberikan sejuta khasiat untuk kesehatan tubuh, dan salah satu manfaat yang ada dalam tomat diantaranya adalah sebagai berikut:
1.     Antioksidan
Kandungan Vitamin A dan C yang ditemukan dalam buah tomat berfungsi sebagai antioksidan yang bekerja untuk menetralisir radikal bebas yang berbahaya dalam aliran darah.
2.     Stabilisasi Gula Darah
Kandungan Mineral kromium yang ada dalam buah tomat sangat membantu bagi penderita diabetes, karena zat ini dapat menjaga tingkat gula darah di bawah control yang stabil.
3.     Efek Negatif Rokok
Kandungan Asam Kolrogenat dan asam coumaric yang terdapat pada buah Tomat dapat membantu mengurangi efek jelek zat karsinogen yang dibawa oleh asap roko yang di hirup oleh perokok itu sendiri.
4.     Indra Penglihatan
Kandungan Vitamin A yang terdapat pada buah ini sangatlah bagus untuk memelihara Indra penglihatan kita. Buah ini juga dapat membantu orang yang mengkonsumsinya untuk terhindar dari kebutaan malam atau yang biasa disebut dengan rabun.
5.     Jantung
Kandungan Kalium dan Vitamin B yang terkandung dalam buah ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar koleserol yang tinggi. Hal ini, tentunya sangat membantu untuk mencegah stroke, serangan jantung dan lainnya yang berpotensi mengacam jiwa kita.
6.     Perawatan Kulit
Karena kandungan Lycopene yang tinggi yang ada pada buah ini, maka zat Lycopene buah ini sering ditemukan dalam pembersih wajah yang mahal, dengan demikian hal tersebut telah membuktikan bahwa buah tomat memiliki peran yang sangat penting dalam perawatan kulit kita.
7.     Menjaga Rambut
Vitamin A yang terkandung di dalam tomat merupakan zat yang sangat baik untuk menjaga rambut kita untuk lebih kuat dan mengkilap, dan juga baik untuk mata, gigi, kulit dan tulang kita.
8.     Anti Kanker
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan likopen pada tomat dapat membantu untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker perut dan kanker kolorektal. Lycopene merupakan suatu zat yang sangat berguna untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.
9.     Menguatkan Tulang
Buah Tomat memiliki Vitamin K dan Kalsium yang sangat baik, yang keduanya membantu untuk memperkuat dan mungkin memperbaiki jaringan tulang kita.
10. Mengobati Batu Ginjal dan Batu Empedu
Makan tomat tanpa biji telah menunjukan bahwa tomat yang dikonsumsi dengan cara tersebiut dapat berfungsi untuk mengurangi risiko batu Ginjal dan Batu Empedu.
Sumber : Internet

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial