11 May 2013

Khasiat dan manfaat buah nanas


Buah nanas memiliki bahasa latin Ananas comosus dari suku Bromeliaceae (Nanas-nanasan), buah nanas diakui berasal dari Amerika Latin, dan dapat tumbuh subur di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri daerah yang terkenal sebagai penghasil nanas adalah kota Subang.
Buah nanas kaya akan Vitamin dan Mineral, dan serat. Vitamin A dan Vitamin C pada buah nanas Memiliki sifat sebagai antioksidan. Selain itu Nanas mengandung Kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi, thiamin, natrium, kalium, gula buah (sukrosa), serta enzim bromelain, suatu enzim protese yang bekerja sebagai pemecah protein.
Dibawah ini beberapa khasiat buah nanas sebagai obat penyakit dan menjaga kesehatan:
1. Menurunkan Berat Badan
Enzim yang terdapat pada nanas mampu menghambat penyerapan lemak dalam saluran pencernaan hingga terbuah bersama feses. Selain itu, Vitamin C pada buah ini dapat mempercepat proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh.
2. Darah Tinggi
Kandungan kalium yang terdapat pada buah nanas dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya dapat mencegah penyerapan lemak di saluran pencernaan sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.
3. Asam Urat
Kandungan Enzim bromelain dan kalium pada nanas bersifat diuretik yang efektif dalam membantu mengatasi masalah asam urat. Tetapi dianjurkan jangan mengkonsumsi buah nanas yang terlalu matang karena kandungan alkoholnya akan mengakibatkan kenaikan kadar asam urat.
4. Gangguan Pencernaan
Kandungan Serat dan Vitamin C pada buah nanas dapat membantu sembelit dan menghambat penyerapan lemak untuk kemudian dibuang keluar tubuh. Kandungan Enzim protease pada bromelainnya juga mampu mencerna protein.
Seperti itulah sebagian manfaat buah nanas yang saya ketahui, tapi meskipun banyak manfaatnya kita jangan terlalu banyak memakannya karena dapat menyebabkan efek yang kurang baik,  diantaranya adalah:
  • Bagi orang yang sensitif, dapat mengalami gangguan lambung dan iritasi kulit
  • Ibu yang sedang hamil muda juga sebaiknya tidak memakan nanas muda secara berlebihan karena bisa menyebabkan kontraksi rahim yang berdampak keguguran
  • Penderita diabetes perlu membatasi konsumsi buah nanas yang sudah matang karena kadar gulanya sangat tinggi.
  • Nanas yang akan dikonsumsi harus dikupas terlebih dahulu, lalu dibuang bagian matanya, karena kadar asam oksalat yang cukup tinggi pada nanas menimbulkan rasa gatal di tenggorokan ketika dimakan. Karena itu, sebelum dikonsumsi, sebaiknya dicuci dahulu dengan air garam.
  • Kadar oksalat yang berlebihan dapat mengakibatkan batu ginjal.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial