15 August 2009

Perancangan Basis Data

Postingan ini diperuntukan bagi mereka yang ingin mendalami konsep dan implementasi dari sistem basis data dalam suatu proyek pengembangan sistem informasi sehingga kita tidak harus terpaku pada satu definisi dari sistem basis data saja. Beberapa definisi basis data dari beberapa orang ahli basis data adalah sebagai berikut:

1. Database adalah sekumpulan data store( bisa dalam jumlah yang sangat besar) yang tersimpan dalam magnetik disk, optical disk, magnetik drum atau media penyimpanan sekunder lainnya.

2. Database adalah sekumpulan program-program aplikasi umumyang bersifat "batch" yang mengeksekusi dan memproses data secara umum (seperti pencarian, peremajaan, pertambahan, dan penghapusan terhadap data).

3. Database terdiri dari data yang akan digunakan atau diperuntukan terhadap banyak user, dimana masing-masing user (baik menggunakan teknik pemrosesan yang bersifat batch atau online) akan menggunakan data tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan 'user' lain dapat juga menggunakan data tersebut dalam waktu yang bersamaan.

4. Database adalah koleksi terpadu dari data-data yang saling berkaitan dari suatu enterprise (perusahaan, instansi pemerinta atau swasta).

a. Sebagai ilustrasi database perusahaan manufaktur akan terdiri dari data-data seperti data perencanaan produksi, data warehouse, data produksi actual, data kualitas produksi, data pemesanan material, data pengiriman hasil produksi, dan lain-lain.

b. Database rumah sakit akan terdiri dari data-data seperti pasien, karyawan, dokter, dan perawat.

c. Database universitas akan terdiri dari data-data: mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni.

Database yang sudah tersedia dalam suatu media penyimpanan tidak akan pernah bisa diakses tanpa adanya suatu perangkat lunak aplikasi yang familiar dengannya, misalkan saja perangkat lunak aplikasi yang berbasis database. Kumpulan/gabungan database dengan perangkat lunak aplikasi yang berbasis databse tersebut dinamakan Database Management System (DBMS). DBMS merupakan koleksi terpadu dari databse dan program-program komputer (utilitas) yang digunakan untuk mengaksis dan memerlihara database. Program-program tersebut menyediakan berbagai fasilitas operasi untuk memasukkan, melacak, dan memodifikasi data kedalam database, mendefinisikan data baru, serta mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan (DBMS=Database + Program Utilitas).

Dengan pendekatan DBMS, maka sharing data dapat dengan mudah dilakukan siapa saja (program apa saja boleh menggunakan data tersebut, jika memenuhi berbagai prosedur yang ditetapkan pada interface yang melindungi database tersebut). Semua tugas untuk mengkonversi data adalah tanggung jawab program.

Tujuan utama dari DBMS adalah untuk menyediakan suatu lingkungan yang mudah dan efisien untuk penggunaan, penarikan dan penyimpanan data dan informasi, pengelolaan manajemen basis data meliputi hal-hal sebagai berikut.

a. Pendefinisian struktur penyimpanan.

b. Penyediaan mekanisme untuk manipulasi informasi

c. Penyediaan keamanan dalam penarikan dan penyimpanan data dan informasi.

1 komentar:

arta said...

nice posting pal...thanks yaa atas informasinya...:D

terima kasih infonya, silakan mampir yaa ke sini dan jika mau tahu artikel yang menarik silakan berkunjung ke sini

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial