29 August 2014

Mengenal Pelindung Layar Sentuh

Pelindung layar adalah sejenis lapisan yang ditambahkan pada layar smartphone, Ipad, maupun tablet. Dengan ditambahkannya pelindung pada layar tentu saja dapat menguatkan layar terhadap goresan, benturan, atau pukulan. Tapi sayangnya tidak semua perangkat layar sentuh dilindungi oleh lapisan pelindung.

Jenis-jenis pelindung layar tersebut adalah:
1. Oleophobic Coating
Merupakan jenis lapisan yang ditambahkan pada layar dengan tujuan supaya tidak mudah tertempel oleh kotoran atau minyak yang ada dijari.
Contoh produk:
*- Huawei U8800 Pro
*- Samsung Galaxy Nexus I9250
*- Sony XPeria Tablet S



2. Scratch Resistant Glass
Merupakan jenis pelindung layar yang membantu mengurangi efek-efek goresan ringan pada layar, sehinggga tidak mudah baret.

Contoh produk:
*- Samsung Galaxy R I9103
*- Huawei U8800 IDEOS X5
*- Sony XPeria Arc

3. Gorila Glass 1
Pelindung layar yang mampu melindungi dari kerusakan yang parah pada layar saat terjatuh. Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan manufaktur yang berbasis di Harrodsburg, kentucky Amerika bernama Corning. ukuran ketebalan 0,5 mm - 2 mm.
Contoh produk:
*- Samsung Galaxy S, SII
*- LG Optimus L7, 2X
*- HTC Desire S

4. Gorila Glass 2
Memberikan ketebalan yang lebih tipis 20% lebih tipis dari versi sebelumnya tanpa mengurangi kualitasnya. Dengan ketebalan yang lebih tipis tentu dapat memberikan keleluasan pada vendor handphone untuk merancang perangkat yang lebih tipis. Pelindung ini telah diuji coba dengan menahan tekanan hingga 54.43 kg dengan hasil tidak sedikitpun mengalami kerusakan.
Contoh produk:
*- Samsung Galaxy Note II N7100
*- Asus Transformer Pad Infinity Asus
*- HTC One

5. Dragontrail Glass
Pelindung layar ini merupakan produk dari Asahi Glass Company yang diluncurkan pada tahun 2011. Pelindung ini merupakan pelindung layar paling kuat karena telah diuji dengan cara menahan beban seberat 60kg, dijatuhkan, ditekuk dan dipukul palu tanpa retak atau pecah sedikitpun.
Contoh produk:
*- Sony XPeria Z
*- Xiaomi MI2
*- Samsung Galaxy Nexus

6. Rhino Shield - Rhino Screen
Pelindung layar yang ini di kenal dengan nama Rhino Screen di Indonesia pertama kali digunakan oleh pt.aig produsen smartphone lokal evercoss ditemukan pada 13 Maret 2013 oleh Evolutive Labs yang didirikan dan dipimpin oleh Eric Wang seorang mahasiswa PhD Ilmu Material, University of Cambridge - Inggris memiliki ketebalan 0,029 cm di klaim kemampuannya bisa menandingi Gorilla Glass 2 dan 3. Dengan pelindung layar ini pengguna tidak perlu khawatir layarnya tergores oleh kuku dan jika terjatuhpun layarnya masih kuat.

Contoh produk:
*- Evercoss Elevate Y A66A

7. Gorila Glass 3
Pelindung layar ini merupakan produk yang di luncurkan oleh perusahan Corning di tahun 2013. Pada produk terbarunya itu mereka menawarkan ukuran dan kekuatan yang 3x lebih baik dari versi sebelumnya. Dengan dikenalkannya fitur terbaru yang bernama Never Demage Resistance tentunya makin baik pula kualitas pelindung layar buatan Corning ini. Dengan fitur terbarunya itu Gorilla Glass 3 diklaim akan tetap utuh meskipun terjatuh, jika akhirnya tergorespun yang nampak oleh mata kita hanya 40%.
Contoh produk:
*- Samsung Galaxy S4

6. Layar Safir
Jenis pelindung ini merupakan pelindung smartphone yang masih dalam perbincangan salah satu vendor smartphone yakni apple. Apple mangklaim bahwa pelindung safir ini akan dibenamkan pada smartphone terbarunya yaitu Iphone 6. Keunggulan dari pelindung layar ini sangat powerfull sekali sehingga di klaim hanya batu mutiara yang dapat menggores pelindung safir tesebut. Untuk mengujinya sebuah smartphone dengan pelindung ini di coba dengan membebankan sebuah besi beton di atasnya tanpa sedikit goresan pun pada pelindung safir ini. Namun sayangnya layar ini belum ada dipasaran rencananya baru akan dibenamkan pada Iphone 6, yang akan direleas Apple sebentar lagi.

Sekian postingan tentang pelindung layar smartphone. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial