26 February 2014

Mengenal Manfaat Vitamin K Pada Tubuh Manusia

Mengenal Manfaat Vitamin K Pada Tubuh Manusia - Vitamin K dikenal juga dengan nama koagulasi, yang berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah jika terjadi luka yang menimbulkan keluarnya darah, dengan bantuan vitamin k dapat dengan cepat darah yang keluar tersebut membeku sehingga tidak terjadi pengeluaran darah yang banyak. Menurut Penelitian yang diterbitkan oleh Diabetes Care, Vitamin K dapat mengurangi resiko resistensi insulin sehingga membantu melawan diabetes, selain itu vitamin k juga dapat membantu metabolisme di dalam tubuh terkait dengan resistensi senyawa insulin, berfungsi juga untuk menekan proses pendarahan di hati yang seringkali muncul akibat senyawa aspirin atau antibiotik secara berlebihan. Secara mekanisme yang sama, vitamin K dapat memperlambat proses pembentukan sel kanker di hati dan paru-paru. Vitamin K bersifat tahan panas, tetapi akan segera rusak apabila terpapar senyawa asam, basa, dan cahaya matahari. Pada manusia, vitamin K didapat dari nutrisi asupan makanan dan mikroflora pada saluran pencernaan.

Vitamin K terdapat beberapa macam, secara kimia terdapat 3 bentuk vitamin K yaitu Vitamin K1(filoquinon), Vitamin K2(menaquinon), Vitamin K3(mendion). Namun yang dikenal terdapat 2 Vitamin K, yaitu Vitamin K1 dan K2, dan dibawah ini adalah penjelasannya:


Vitamin K1
Vitamin K1 merupakan istilah yang lebih banyak digunakan untuk bayi yang baru lahir yang mengalami pendarahan akibat kekurangan vitamin K. Hal itu terjadi karena vitamin K pada ASI, tidak mencukupi kebutuhan vitamin K pada bayi. Sehingga diperlukan tambahan vitamin K untuk bayi tersebut dan kalo tidak terpenuhi akan terjadi masalah pendarahan seperti yang disebutkan diatas.

Vitamin K2
Vitamin K2 yaitu vitamin yang terbentuk oleh bakteri yang terdapat di usus dan saluran pencernaan yang bersumber dari vitamin K1 atau sumber makanan yang mengandung vitamin K. Sama halnya dengan vitamin K1 dimana vitamin K2 juga merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Seingga anda tetap membutuhkan makanan berlemak untuk dapat menyerap vitamin K ini masuk ke dalam tubuh. Tentu bukan lemak jahat yang dimasukkan yang bisa memicu kolesterol, darah tinggi dan lainnnya. Kebutuhan akan vitami K ini dapat dihitung dengan menghitung berat badan seseorang, jika orang dewasa berberat badan 75 kilogram, maka vitamin k yang dibutuhkan adalah 75mikrogram perhari.

Kekurangan Vitamin K, dapat mengakibatkan efek yang kurang baik, karena kita membutuhkan vitamin k setiap hari untuk menjaga kesehatan kita, dan kekurangan vitamin K ini akan menyebabkan: Perdarahan Menstruasi Berat, Gusi Berdarah, Mudah Memar, Demam pada bayi baru lahir, Darah dalam urin, Darah sulit membeku, Pendarahan pada Ovarium, dan memicu berbagai macam penyakit lain seperti diabetes, kanker.

Terdapat banyak makanan yang mengandung vitamin K ini, terutama terdapat pada sayuran yaitu: Bayam, Selada, bunga kol, brokoli, kubis, kacang polong, kentang, kacang hijau, asparagus, dedak gandung, hati sapi, tomat, susu sapi, katuk, kale, kangkung, telur, singkong, dan lain sebagainya.

Terima Kasih telah membaca artikel dengan judul "Mengenal Manfaat Vitamin K Pada Tubuh Manusia", semoga bermanfaat.

1 komentar:

Guntur said...

Ooooo jadi vitamin K terbagi lagi ya...? Salah satu fungsi fitamin K adalah mengatasi mata panda atau lingkaran hitam pada mata

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial