25 February 2009

Kegunaan Teori Organisasi Terhadap Manajemen Informasi

CBIS (Computer Based Information System) memberikan kesempatan untuk peningkatan komunikasi dan penegasan keputusan dalam semua bentuk organisasi. Dalam perancangan CBIS, kita harus memberikan perhatian kepada tingkatan manajemen dan pengelompokan organisasi (menurut area geogrrafi, area fungsi, jalur produksi, dan apa saja) dan memberi pula perhatian terhadap pengaruh yang disebabkan oleh susunan ini pada kebutuhan informasi.

Perhatian kita harus pula kita arahkan kepada susunan organisasi informasi. Manajemen harus mencoba untuk mengidentifikasi kebutuhan informasi yang tidak dapat dipenuhi oleh sistem formal dan harus mencoba untuk memasukkan sebanyak mungkin aliran informasi ini ke dalam CBIS formal. Pusat kekuatan informal dari organisasi yang dapat mempengaruhi keberhasilan CBIS harus diidentifikasi dan dimasukan ke dalam usaha perancangan.

Yang terakhir, CBIS harus dapat menjaga manajemen yang dibutuhkan oleh lingkungan dan perubahan yang mempengaruhi susunan organisasi. Susunan tersebut kemudian dapat disesuaikan dengan lingkungan.

Selain pengaruh CBIS pada organisasi, organisasi juga mempengaruhi CBIS. CBIS yang baik tidak akan bisa diharapkan dari perusahaan yang bagiannya, yaitu tingkattan dan unit, tidak bekerja bersama-sama.

Perusahaan yang menerapkan CBIS akan membentuk departemen atau divisi pelayanan informasi. Perancang CBIS harus memahami dasar teori organisasi.

1 komentar:

B Kelana S said...

baik kang.... shoutmixna mna kang?

Post a Comment

Untuk Posting Komentar

 
Copyright ©  2014-2020 Rumah Ipoen  |  Template by Blogspot tutorial